RSS

Menyelaraskan bisnis dan teknologi informasi


Menyelaraskan bisnis dan teknologi informasi

Cara meningkatkan daya saing dengan menerapkan teknologi informasi
Untuk Meningkatkan performansi menuju keunggulan daya saing bisnis dalam era yang sangat kompetitif ini tidak dipungkiri lagi bahwa kebutuhan akan teknologi sangatlah dibutuhkan. Memiliki daya saing yang tinggi kini bukan hanya sekedar kebutuhan, melainkan keharusan. Karena tanpa daya saing yang tinggi mustahil suatu bisnis dapat bertahan, apalagi memenangkan persaingan. Untuk memenangkan persaingan tersebut kini semakin banyak perusahaan baik milik pemerintah maupun swasta yang menjadikan penerapan teknologi informasi sebagai senjata utamanya. Mengapa kini perusahaan lebih totalitas didalam membangun dan mengembangkan perusahaan atau bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi infomasi ?. Tidak lain dan tidak bukan karena untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan bisnis dan lebih daripada itu penerapan ini dimaksudkan untuk mendukung pembuatan keputusan manajemen yang memungkinkan mengambil keputusan-keputusan bisnis strategis.
Namun penerapan Teknologi Informasi tidak serta merta selaras dan efektif dalam mendukung peningkatan performansi bisnis. Karenanya, dengan mengadopsi manajemen performansi (performance management) sebagai suatu proses manajemen akan memungkinkan penyelarasan antara bisnis dan TI, sehingga perusahaan mampu meningkatkan performansinya. Dengan lebih fokus dalam menyelaraskan antara orang, proses dan teknologi, maka hal itu akan membantu anda dalam hal merealisasikan nilai Investasi Business Intelligence (BI) dan kepentingan bisnis yang lebih spesifik.
Beberapa hal penting yang sekaligus menjadi kepentingan strategi bisnis yang seharusnya menjadi perhatian para pengelola bisnis adalah mengelola bisnis mereka dengan menerapkan metoda performance management yang tepat, sehingga dapat mencapai keberhasilan yang optimal. Performance management merupakan suatu metodologi dan proses dalam mengelola performansi perusahaan dan proses bisnisnya yang berguna untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Setidaknya, ada enam tantangan bisnis yang sesungguhnya sangat penting untuk diperhatikan agar bisnis dapat terus kompetitif. Keenam hal itu adalah :
1. Compliance ManagementPemenuhan atas semua aturan atau regulasi akan memberikan suatu tekanan baru untuk mencari metoda-metoda yang lebih baik, misalnya untuk mengakses berbagai kebijakan dan proses, mulai dari bagian keuangan hingga operasional. Penilaian terhadap pemenuhan regulasi itu (compliance assessent) akan sangat membutuhkan sistem-sistem yang mengotomatisasikan review dan analisis secara manual, dan proaktif dalam pemantauan berbagai kegiatan dan proses bisnis, yang pada akhirnya akan menurunkan biaya audit. Hubungan yang efisien antara orang dan proses sangat perlu diterapkan dalam suatu perusahaan, terutama untuk kepentingan pemenuhan regulasi, dan juga jika menerapkan suatu sistem dan teknologi informasi yang baru.
2. Profitability ManagementDorongan untuk mengelola biaya dan mengoptimalkan pendapatan akan lebih menajamkan fokus perhatian perusahaan terhadap peningkatan profitabilitas di perusahaan secara keseluruhan. Pengaruh keuangan di luar proses budgeting akan menciptakan suatu ketegasan baru dalam berbagai bentuk profitabilitas, termasuk didalamnya, keuntungan yang diperoleh dari pelanggan, produk, operasi dan bagian keuangan. Karenanya, perusahaan – perusahaan perlu mengembangkan suatu pondasi BI (business intelligence) yang kuat untuk mendukung berbagai aplikasi dan sistem, khususnya untuk kepentingan profitability management.
3. Process ImprovementPerusahaan-perusahan juga semakin dituntut untuk lebih fokus dalam menilai dan meningkatkan proses-proses operasional yang telah dimiliki, sebelum anda mengotomatisasikannya dengan menerapkan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) atau CRM (Customer Relationship management). Meski disadari, bahkan mengukur, memantau dan meningkatkan kinerja berbagai proses bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi hal itu sangat penting dalam penerapan performance management.
4. Cost ManagementMenghindari dan mengurangi biaya agar dapat memenuhi persyaratan keuangan dan perusahaan seharusnya menjadi bagian dari proses operasional standar. Bisnis harus selaras dengan proses-proses operasional dan mendukung peningkatan efisiensi. Untuk itu TI harus terus menerus melakukan konsolidasi terhadap tawaran vendor agar dapat memenuhi tujuan-tujuan pengelolaan biaya yang telah diterapkan. Meningkatkan pemanfaatan investasi yang telah dilakukan dalam CRM dan ERP dan juga melakukan penilaian dan pengintegrasian semua aset data menjadi suatu informasi yang kontekstual, relevan dan tepat. Hal ini, tentu sangat penting dalam menjalankan performance management.
5. Performance ImprovementTujuan utama performance management adalah meningkatkan hasil-hasil bisnis, Namun kenyataannya tak banyak perusahaan yang telah benar-benar menerapkan performance management process sebagai suatu bagian penting dalam semua kegiatan bisnis mereka sehari-hari. Melakukan penilaian dan memperbaiki berbagai proses bisnis, sehingga dapat lebih efisien dan efektif. Sangat membutuhkan penyelarasan antara informasi dan sistem. Kurangnya dukungan dalam menghubungkan antara strategi, perencanaan dan eksekusinya di hampir semua perusahaan masih menjadi suatu kendala utama untuk merealisasikan peningkatan performansi secara optimal
6. Business InnovationMentransformasikan atau menerapkan berbagai proses bisnis yang inovatif, agar dapat lebih kompetitif, seharusnya lebih diprioritaskan. Sayangnya umumnya aset dan ide-ide di perusahaan tak dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai (value) perusahaan. Karenanya, pengelolaan berbagai proses bisnis harus dioptimalkan untuk bagaimana memanfaatkan TI dan Sistem Informasi untuk memunculkan berbagai inovasi bisnis yang baru, dan harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap perusahaan. Salah satu peluang terbesar yang belum banyak dimanfaatkan adalah bagaimana meningkatkan ide-ide dan pengetahuan untuk mentransfomasikan verbagai proses bisnis kedalam suatu inovasi yang terus menerus dilakukan.


0 Responses to "Menyelaraskan bisnis dan teknologi informasi"

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors