RSS

proposal Pengembangan Produk Dari Bahan Bambu


A. Pengembangan Produk Dari Bahan Bambu

B. Latar Belakang Masalah

Sekarang ini banyak produk produk yang terbuat dari bahan bahan yang kurang peduli akan dampak lingkungan. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini, terutama teknologi yang berkaitan dengan dunia industri baik industri manufaktur atau industri jasa maka para kaum akademisi terutama mahasiswa dituntut untuk mempunyai pengalaman lebih yang tidak diperoleh di bangku kuliah. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu kegiatan yang dapat menambah pengalaman wawasan. Dan merokok adalah suatu kebiasaan manusia yang sangat sulit di hilangkan . Terlebih lagi rokok bermacam macam mulai dari kretek , filter , maupun , cerutu . Perokok yang sangat aktif biasanya kurang mempedulikan kebersihan sekilas. Pada saat rokoknya habis mereka dengan enaknya membuang sisa rokok ke sembarang tempat . Perokok tidak semuanya membeli 1 bungkus , ada juga yang membeli eceran . Terlebih adalah anak anak muda . seperti mahasiswa , maupun pelajar . yang kesemuanya lebih memilih untuk membeli eceran . Selama rokok itu ada maka sisa rokok atau punting rokok tadi akan terus ada. Dikarenakan kurangnya tempat untuk membuang sampah ataupun jaraknya jauh . maka asbak dapat menampung sementara sisa sisa rokok . produk asbak kami ini merupakan produk yang serba guna yang bisa di bawa bawa . yang antara lain berfungsi sebagai aksesoris yaitu sebuah gantungan kunci , sekaligus tempat rokok eceran itu sendiri.


C. Perumusan Masalah
Maka dari produk kami ini dapat di manfaatkan . dan lebih efektif karena produk kami ini relative kecil dan tidak memakan tempat yang khusus. Serta bisa di bawa kemana mana. Dan produk kami ini berbentuk aksesoris yaitu gantungan kunci. Untuk memproduksi produk kami ini bahan bakunya relative mudah untuk di cari. Karena banyaknya pohon bambu.



D. Tujuan
Dengan usaha ini di harapkan :
1. Membuka lapangan kerja , dan bisa memberikan contoh untuk membuat ide ide kreatif membuat produk yang bahan bakunya ramah lingkungan.
E. Luaran Yang Diharapkan
Luaran yang di hasilkan berbentuk barang yaitu asbak multi fungsi
F. Kegunaan
Dapat menjadi produk alternatif yang banyak dicari konsumen. Untuk menyimpan rokok sekaligus menjadi produk yang juga mempertimbangkan kebersihan lingkungan.
G. Metode Pelaksanaan
Hal pertama yang dilakukan ialah pemilihan jenis bambu yang akan digunakan. Jenis bambu yaitu dari bambu wulung. Dengan diameter yang tidak terlalu besar,bambu tersebut dibersihkan. Langkah selanjutnya dipotong sesuai ukuran yang ditetapkan. Bambu dirapikan sisi-sisi yang tajam. Kemudian menyatukan dua potongan bambu dengan menggunakan perekat. Lalu bambu masuk kedalam proses pengecatan. Langkah terakhir yaitu pemasangan kawat untuk gantungan kunci.
H. Jadwal Kegiatan
Rencana Kegiatan Hari Ke -
1 2 3 4 5
Pembelian alat
Pembelian bahan baku Bambu
Desain Produk
Pembuatan Produk
Quality Control
Pemasaran Produk




I. Rancangan Biaya
1. Gergaji 5 buah @ Rp 50000 = Rp. 250000
2. Alat Potong ( Pisau ) 5 @ Rp 25000 = Rp. 250000
3. Kompresor = Rp. 4000000
4. Alat Pengecat 2 @ Rp. 500000 = Rp. 1000000
5. Cat aneka warna = Rp. 1000000
6. Perekat = Rp. 300000
7. Gantungan = Rp. 500000
8. Bor 2 @ 250000 = Rp. 500000
9. Bungkus = Rp. 500000 +
= Rp. 8300000

J. Daftar Pustaka

K. Lampiran



PROPOSAL


Disusun Oleh :
Anggara Dwi Pratomo Nim 4075111010
Agus Setyobudhi Nim 4075111005
Lukman Sunanto Nim4075111002


0 Responses to "proposal Pengembangan Produk Dari Bahan Bambu"

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors